Centre for Middle Eastern Studies
Universitas Muhammadiyah Malang
Centre for Middle Eastern Studies
Universitas Muhammadiyah Malang

Publikasi CoMES

 

CoMES Publications

Untuk saat ini, CoMES menekankan publikasi karya dalam bentuk website di internet (
http://comes.umm.ac.id). Sedang dalam waktu dekat CoMES berencana menerbitkan koran berkala (newsletter) dan makalah berkala (working paper).


Seri Makalah Timur Tengah CoMES



Seri Makalah Timur Tengah No.1 - Sentimen Islamophobia dalam Isu Keanggotaan Turki di Uni Eropa
oleh Muhammad Qobidl `Ainul Arif, S.IP, M.A. (Research Fellow CoMES)

Highlights isu:

Republik Turki secara geografis termasuk dalam kawasan Timur Tengah. Meski demikian, sepanjang sejarah perjalanannya terutama pasca Revolusi 1924, masyarakat Turki justru lebih sering mengidentifikasikan diri mereka sebagai bagian dari masyarakat Eropa ketimbang sebagai bagian dari masyarakat Timur Tengah. Bahkan setahun setelah pendirian Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), Republik Turki langsung mengajukan lamaran untuk menjadi anggotanya. Namun, perjuangan Turki untuk bergabung ke dalam Uni Eropa hingga kini masih menemui banyak kendala kendati telah berusia hampir setengah abad.

Seri Makalah Kajian Timur Tengah CoMES kali ini mengangkat isu tentang eksistensi sentimen anti-Islam (Islamophobia) yang muncul dalam perdebatan mengenai keanggotaan Turki di Uni Eropa. Penulis berusaha menyajikan bukti-bukti mengenai keberadaan sentimen islamophobia dalam perdebatan keanggotaan Turki sekaligus menganalisa faktor-faktor penyebab kemunculan sentimen Islamophobia tersebut dalam masyarakat Eropa saat ini yang telah dikatakan sebagai masyarakat modern dan sekular.

Makalah kali ini memuat analisa terhadap diskursus yang berkembang pada level publik di Uni Eropa, level negara anggota, maupun level Uni Eropa sebagai kumpulan negara. Hal ini paling tidak menunjukkan bahwa kajian kawasan Timur Tengah tidak bersifat rigid karena  untuk memahami fenomena yang terjadi di Timur Tengah terkadang diperlukan juga kajian terhadap kawasan lain - dalam hal ini Eropa-.


CoMES Book Review

CoMES Book Review No.1 - Hubungan Luar Negeri Iran oleh Amaria Qori` Ula, S.IP (Research Fellow CoMES)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Shared: