Centre for Middle Eastern Studies
Universitas Muhammadiyah Malang
Centre for Middle Eastern Studies
Universitas Muhammadiyah Malang

Profil

Pendahuluan

CoMES kepanjangan dari Centre for Middle Eastern Studies atau Pusat Kajian Timur Tengah adalah lembaga kajian yang bernaung di bawah Jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang. Berbekal keinginan kuat dari para sivitas akademika HI UMM, CoMES telah memulai kegiatannya semenjak bulan Januari 2011 dengan dukungan internal dari kalangan dosen dan mahasiswa di lingkungan HI UMM.

Kajian kawasan Timur Tengah memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi serta nilai kekhasan tersendiri. Timur Tengah mempunyai posisi geografis yang strategis dan unik karena mempertemukan tiga benua sekaligus yakni Eropa, Asia dan Afrika. Selain itu, ia juga merupakan jantung peradaban bagi tiga agama besar dunia - yakni Yahudi, Kristen dan Islam - sehingga menimbulkan ikatan emosional maupun spiritual bagi masyarakat Indonesia sebagai sebuah bangsa yang masih menyematkan religiusitas sebagai bagian integral dari identitas nasionalnya.

Namun dinamika perkembangan Timur Tengah saat ini tidak hanya berkutat pada persoalan-persoalan yang berdimensi agama an sich. Isu-isu tentang demokratisasi, tingkat harapan hidup, kematian anak, tingkat melek huruf hingga bias gender merupakan domain yang sangat diperhatikan baik oleh pemerintah maupun publik Timur Tengah. Kebijakan rezim pemerintahan Timur Tengah yang berjarak terhadap rakyatnya sendiri juga seringkali mengundang aktor-aktor bukan negara untuk berperan mengisi kekosongan dalam penyediaan layanan-layanan sosial seperti yang dilakukan oleh Ikhwanul Muslimin di Mesir, HAMAS di Palestina dan Hizbullah di Libanon. Karenanya kajian mengenai Islam, gerakan sosial dan demokratisasi di Timur Tengah menjadi penting dilakukan. Oleh karena dinamika perkembangan Timur Tengah yang semakin kompleks itulah maka diperlukan suatu kajian yang lebih komprehensif mengenai Timur Tengah sehingga dapat membantu mahasiswa, pemerintah maupun masyarakat luas dalam memahami kawasan ini dengan lebih baik.

 

Bentuk Lembaga

CoMES merupakan lembaga kajian di tingkat jurusan yang melakukan berbagai macam aktivitas kajian mengenai Timur Tengah, baik dalam bentuk riset, kursus, seminar, diskusi maupun publikasi.

Dengan menitik beratkan pada aktivitas riset, lembaga kajian ini diharapkan menjadi wadah bagi para mahasiswa maupun dosen Jurusan Hubungan Internasional UMM untuk terus memperdalam dan mengembangkan kajian kawasan Timur Tengah. Harapannya, akan terlahir dari lembaga ini para ahli/ pakar kajian Timur Tengah dalam studi Ilmu Hubungan Internasional.

Shared: